TUTORIAL MENGENAI CORELDRAW X3 KELAS X TKJ SMK TA 2014/2015 - foldersoal.com

RANGKUMAN MULOK


ABSTRAK;
RANGKUMAN MULOK ANAK TKJ
MEMBAHAS TENTANG COREL DRAW X3, dan PACKET TRACER

CORELDRAW X3
  1. Pendahuluan
    Secara umum program desain grafis terdiri dari 2 macam, yaitu
    1. Berbasis vektor
    2. Berbasis bitmap (raster)
    Nama-nama perangkat lunak untuk desain grafis
NoSofwareKeterangan
1Corel DrawBerbasis Vektor
2Free handBerbasis Vektor
3Adobe IllustratorBerbasis Vektor
4PaintBerbasis  Raster (bitmap)
5PhotoshopBerbasis Raster (bitmap)
6Corel Photo paintBerbasis Raster (bitmap)
7GimpBerbasis Raster (bitmap)
  1. Pengertian desain grafis berbasis
    Vector      : Desain grafis yang berbasis besaran dan arah, atau magnitude dan direction
    Bitmap     : Desain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel
  2. C.      Perbedaan desain grafis berbasis vektor dan berbasis bitmap
Berbasis vektorBerbasis bitmap
Gambar tetap jelas ketika diperbesargambar kurang jelas jika di perbesar (menjadi kabur dan pecah)
Tersusun oleh garis dan kurvaterdiri atas titik / dot
Ukuran file yang dihasilkan kecilukuran file yg dihasilkan besar
Kualitas grafik tidak bergantung dari banyaknya pixelkualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel
  1. Perbedaan dan persamaan penggunaan pewarnaan CMYK dan RGB
  • persamaan
    RGB dan CMYK itu sama-sama warna primer.
  • Perbedaan
RGBCMYK
  • • Red Green Blue (merah, hijau, biru)
  • • RGB merupakan warna-warna primer yang
digunakan pada monitor
  • • Jadi RGB lebih digunakan untuk desain yang
nantinya ditampilkan ke media layar monitor
  • • Jika warna RGB di campur semua, akan
menghasilkan warna putih
  • Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang biru, merah, kuning dan hitam )
  • CMYK merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer
  • CMYK lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak
  • Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam
Kesimpulan :
Untuk hasil terbaik pencetakan :
  1. gunakan warna CMYK
  2. kenali semua karakteristik perangkat anda (scanner, printer, monitor dll) dengan baik.
Untuk desain web dan desain grafis (output monitor)
  1. gunakan warna RGB
  2. biasakan mengerjakan dalam ruang cahaya yang terkontrol. mengerjakan disain pada siang dan malam hari juga menghasilkan perbedaan warna yang berbeda (terutama untuk RGB)
Istilah-istilah
  1. Main Menu           :Sederetan Menu yang dipersiapkan untuk membantu dalam proses
pembuatan dan editing gambar
  1. Toolbox                :kumpulan tool atau alat-alat yang digunakan untuk mengedit gambar
  2. Properties Bar      : Tempat kita melakukan pengaturan
  3. Pilihan Warna /
Color Pallete        :Memberikan dan memberi warna pada object
  1. Lembar /
Kertas Kerja         :Tempat kita menggambar / bekerja
  1. Ikon                      : Lambang kecil yang berfungsi sebagai menu untuk menuju suatu fungsi.
  2. Menu bar              : Bar yang berisi menu
  3. Submenu              : Bagian dari menu (cascading)
  4. menu                    : Penuntun fasilitas yang tersedia, untuk mengarahkan user dalam
memlilih proses yang akan dieksekusi.
Mengenal Coreldraw x3
CorelDRAW X3 adalah aplikasi design grafis berbasis vektor untuk membuat beberapa design seperti kartu nama, logo, kalender, poster, dan lain-lain. Dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008.
Layout coreldraw
", numPosts: 8, titleLength: "auto", thumbnailWidth: 250, thumbnailHeight: 170, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w255-h170-c/no-image.png", containerId: "related-post-4102386426574460013", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

0 Response to "TUTORIAL MENGENAI CORELDRAW X3 KELAS X TKJ SMK TA 2014/2015 - foldersoal.com"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel