Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Terbaru

55+ Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Hallo sahabat portalunbk.com, kali ini admin portalunbk sudah menyiapkan Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs. Seperti yang kita ketahui bahawasanya mata pelajaran IPA adalah mata pelajara wajib untuk setiap sekolahan seperti di SD, SMP maupun SMA. Ilmu pengetahuan alam (IPA) atau Sains dalam arti sempit telah dijelaskan di atas merupakan disiplin ilmu yang terdiri dari physical sciences (ilmu fisika) dan life sciences (ilmu biologi)
 kali ini admin portalunbk sudah menyiapkan Contoh Soal PTS IPA Kelas  Kumpulan Soal Latihan | Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru
55+ Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru



Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs


55+ Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di portalunbk dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut portalunbk memberikan Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Di bawah ini yang termasuk ke dalam data kualitatif adalah ....
a. jarak Bandung-Jakarta 120 km
b. panjang meja itu 2 m
c. mangga itu berbiji dua
d. jeruk itu rasanya asam

2. Berdasarkan sumber cahaya yang digunakan, mikroskop dibedakan menjadi ....
a. mikroskop cahaya dan mikroskop optik
b. miksroskop elektron dan mikroskop digital
c. mikroskop elektron dan mikroskop optik
d. mikroskop elektron dan mikroskop proton

3. Alat yang digunakan untuk mengukur keasaman zat adalah ....
a. atmometer
b. anemometer
c. termometer
d. pH-meter

4. Untuk memperoleh data mengenai tekstur kulit dan aroma buah mangga digunakan pasangan indera ....
a. indera penglihatan dan indera penciuman
b. indera peraba dan indera penciuman
c. indera pendengaran dan indera peraba
d. semua indera

5. Nama lain dari alat evaporimeter adalah ....
a. anemometer
b. atmometer
c. termometer
d. barometer

6. Bagian yang berfungsi untuk memfokuskan gambar pada mikroskop optik adalah ....
a. cermin
b. kondensor
c. diafragma
d. revolver

7. Diafragma memiliki fungsi sebagai ....
a. pemutar lensa objektif
b. mengatur banyaknya cahaya yang mengenai preparat
c. menggerakkan bagian optik
d. tempat preparat yang diamati

8. Peralatan di bawah ini yang tidak digunakan pada saat melakukan pembedahan adalah
a. pinset
b. gunting
c. jarum pentul
d. pisau dapur

9. Tujuan menggunakan larutan formalin ketika melakukan pembedahan adalah ....
a. menghilangkan aroma tidak sedap pada hewan yang dibedah
b. agar hewan yang dibedah tidak cepat membusuk
c. untuk melunakkan daging hewan sehingga lebih mudah dibedah
d. membunuh mikroorganisme pada alat bedah

10. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pengamatan lapangan, kecuali ....
a. memakai sepatu
b. membaca petunjuk praktikum
c. memakai jas laboratorium
d. membawa makanan dan minuman


EVALUASI BAB I PAKET           B

1. Lensa pada mikroskop yang letaknya dekat dengan mata pengamat dinamakan lensa ….
a. objektif
b. okuler
c. kondensor
d. reflektor

2. Mikroskop yang memiliki dua lensa okuler dinamakan mikroskop
a. cahaya
b. monokuler
c. binokuler
d. elektron

3. Bagian mikroskop yang menghubungkan antara lensa okuler dengan lensa objektif adalah ....
a. revolver
b. tubus
c. pemutar halus
d. lensa kondensor

4. Apabila di ruang pengamatan kurang cahaya, maka sebaiknya digunakan cermin ….
a. datar
b. cekung
c. cembung
d. ganda

5. Jika akan melihat fokus pengamatan pada mikroskop, lebih dahulu menggunakan lensa objektif yang memiliki perbesaran ....
a. lemah
b. sedang
c. kuat
d. paling kuat

6. Jika pada perbesaran tertentu bayangan tidak terlihat jelas, maka untuk mengatur dan memperjelas bayangan digunakan ….
a. pemutar revolver
b. pemutar kasar
c. pemutar halus
d. diafragma besar

7. Jika saat pengamatan kita menggunakan lensa okuler perbesaran 10× dan lensa objektif perbesaran 40×, maka perbesaran bayangan yang terlihat dibanding objek yang sesungguhnya adalah ….
a. 10×
b. 30×
c. 50×
d. 400×

8. Sifat bayangan yang dibentuk oleh mikroskop adalah ….
a. terbalik, maya, diperbesar
b. terbalik, nyata, diperbesar
c. lurus, maya, diperbesar
d. lurus, nyata, diperbesar

9. Posisi penyimpanan mikroskop yang benar adalah ....
a. diafragma dalam keadaan terbuka
b. lensa kondensor pada posisi naik
c. lensa objektif dan lensa okuler dilepas dan disimpan
d. cermin tidak dihadapkan secara langsung pada arah cahaya

10. Apakah nama alat yang digunakan untuk mengambil air yang akan diteteskan pada  objek pengamatan digunakan alat ....
a. jarum preparat
b. tisu atau kertas penghisap
c. pipet
d. kapas

11. Nama zat pewarna yang digunakan untuk memperjelas pengamatan dengan mikroskop adalah ...
a. Metilen blue
b. Fenolftalein
c. Kalium permanganat
d. Etanol

12. Zat kimia yang memiliki simbol di samping, menunjukkan bahwa zat kimia tersebut bersifat ....
a. oksidator
b. beracun/toksik
c. mudah terbakar
d. korosif

13. Contoh zat kimia yang dapat menimbulkan iritasi adalah ....
a. uranium
b. kloroform
c. alkohol
d. sianida

14. Zat kimia yang sering disebut kapur tohor adalah ....
a. eosin
b. kalium permanganat
c. kalsium oksida
d. yodium kristal

15. Berikut ini yang merupakan langkah yang tepat untuk menjaga keselamatan kerja dalam laboratorium IPA adalah ....
a. menyimpan alat yang mudah pecah di rak tinggi
b. menyimpan bahan kimia cair di rak dengan ketinggian di atas kepala
c. meletakan pemadam kebakaran di dalam almari tertutup rapat
d. menyediakan kotak pertolongan pertama di tempat yang aman


EVALUASI BAB I PAKET           C

1. Mikroskop monokuler sama dengan mikroskop ….
a. cahaya
b. binokuler
c. elektron
d. stereo

2. Mikroskop yang memiliki satu lensa objektif dan satu lensa okuler disebut mikroskop ….
a. stereo
b. binokuler
c. monokuler
d. elektron

3. Pada ruangan yang kurang terang sebaiknya menggunakan cermin ….
a. cekung
b. datar
c. cembung
d. ganda

4. Pada perbesaran tertentu bayangan yang masih belum jelas, untuk memperjelas bayangan digunakan….
a. cermin
b. pemutar kasar
c. pemutas halus
d. tubus

5. Untuk melihat objek lensa yang dilihat langsung oleh mata adalah ...
a. okuler
b. objektif
c. ganda
d. okuler dan objektif

Gunakan gambar di bawah ini untuk menjawab soal nomor 6 s.d 10 !
6. Bagian mikroskop diatas yang berlabel a adalah ….
a. tubus c. meja benda
b. lensa objektif d. pemutar halus

7. Bagian mikroskop yang berlabel 3 berfungsi untuk….
a. melihat objek yang akan diamati
b. meletakkan benda yang akan dimati
c. untuk memperjelas bayangan
d. untuk menutup benda

8. Bagian mikroskop yang berlabel 5 adalah ….
a. kondensator
b. revolver
c. diafragma
d. tubus

9. Bagian mikroskop yang dapat diubah atau diganti sesuai keinginan kita adalah nomer ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

10. Supaya preparat yang sedang kita amati tidak bergeser maka akan dijepit dengan nomer ….
a. 1
b. 3
c. 4
d. 5

11. Salah satu peraturan laboratorium adalah ….
a. buang zat kimia yang tidak dipakai di tempat sampah
b. lakukan kegiatan laboratorium beramai – ramai
c. selesai kegiatan kembalikan peralatan pada tempat semula
d. selesai kegiatan tinggal semua ala-alat dimeja biar diberesi bapak atau ibu guru

12. Pertolongan pertama bila kulit terkena percikan asam klorida adalah …
a. beri betadine
b. gosok dengan balsem
c. dibalut
d. dibilas air sebanyak-banyaknya

13. Kristal putih, larut dalam air, dapat digunakan sebagai penganti tawas adalah ….
a. amino
b. amoniak
c. aluminium sulfat
d. asam sulfat

14. Bahan yang mudah terbakar hendaknya disimpan di ….
a. rak
b. almari besi
c. tempat yang rapat
d. tempat yang jauh dari sumber api

15. Untuk mengambil suatu larutan cair dalam botol digunakan alat ….
a. pipet
b. tabung reaksi
c. corong
d. elenmeyer

16. Pada metode ilmiah, sebelum menyusun hipotesa, langkah yang seharusnya kita lakukan adalah
a. melakukan eksperimen
b. merumuskan masalah
c. mengumpulkan keterangan
d. menarik kesimpulan

17. Tujuan utama menggunakan metode ilmiah adalah ….
a. membuat manusia lebih sejahtera
b. menunjang kemajuan tehnologi
c. mengubah sikap manusia
d. mengembangkan penemuan baru

18. Dua syarat yang diperlukan untuk mendapatkan hasil temuan ilmiah yaitu ….
a. sikap ilmiah dan metode ilmiah
b. metode ilmiah dan percobaan
c. sikap ilmiah dan eksperimen
d. percobaan dan kesimpulan

19. Pada percobaan, faktor yang sengaja dibuat berbeda disebut ….
a. variabel bebas
b. variabel terikat
c. variabel kontrol
d. variabel pengganggu

20. Data yang biasa ditulis dengan angka atau bilangan adalah data….
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. sebenarnya
d. perkiraaan

EVALUASI BAB I PAKET D
1. Kebenaran teori dalam ilmu pengetahuan  berlaku ….
a. selama belum ada bukti yang menolak  teori itu
b. selama penemu masih hidup
c. sama di seluruh dunia
d. pada tempat dan waktu tertentu

2. Gambar bentuk kristal gula pasir yang  diamati dengan mikroskop termasuk  data ....
a. kualitatif
b. objektif
c. kuantitatif
d. subjektif

3.  Berikut ini adalah langkah dalam metode ilmiah.
1. Mengumpulkan data
2. Eksperimen
3. Kesimpulan
4. Hipotesis
5. Penemuan masalah
6. Percobaan ulang
Urutan langkah dalam metode ilmiah  yang benar adalah ....
a. 5 - 1 - 4 - 2 - 3 - 6
b. 4 - 2 - 3 - 1 - 5 - 6
c. 2 - 3 - 4 - 5 - 1 - 6
d. 1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6

4. Berikut ini yang merupakan contoh gejala  kejadian objek abiotik adalah
a. air hujan
b. hujan
c. air laut
d. minum air hujan

5. Jawaban sementara dari masalah yang  sedang diteliti untuk diuji kebenarannya  disebut ....
a. variabel
b. metode
C. data
d. hipotesis

6. Apabila dalam suatu percobaan kamu  akan mengukur pertambahan panjang  tanaman, maka data yang diperoleh berupa  data ....
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. pengukuran
d. percobaan

7. Dalam suatu kerja ilmiah hipotesis yang  dibuat sangat didukung oleh kesimpulan  hasil percobaan, agar lebih meyakinkan  maka langkah selanjutnya adalah ....
a. menyusun hipotesis baru
b. melakukan percobaan ulang
c. menyusun teori
d. melakukan percobaan baru

8. Bagian dari mikroskop yang berfungsi  untuk mengatur fokus bayangan dengan  menaikturunkan tabung mikroskop  dengan lambat disebut ....
a. revolver
b. mikrometer
c. diafragma
d. lensa objektif

9. Keuntungan menyayat daun dengan  menggunakan silet adalah ....
a. tidak membahayakan siswa
b. mudah dibawa
c. hasil sayatan tipis
d. awet

10. Fungsi lensa okuler adalah ....
a. memfokuskan benda
b. memperjelas benda
c. menangkap bayangan dari lensa  objektif
d. memperbesar ukuran benda

11. Fungsi kloroform atau eter dalam  pembedahan adalah ....
a. memperlunak kulit hewan
b. menguatkan hewan
c. menghasilkan warna yang bagus
d. membuat pingsan hewan

12. Alat untuk mengambil zat kimia padat  adalah ....
a. spatula
b. sonde
c. skapel
d. pinset

13. Tempat meletakkan preparat pada mikroskop  disebut ....
a. meja preparat
b. gelas benda
c. lensa objektif
d. kaca penutup

14. Alat untuk mengambil zat kimia cair  dalam jumlah sedikit adalah ....
a. pipet
b. cermin
c. pinset
d. sonde

15. Contoh bahan kimia yang bersifat korosif  adalah ....
a. sianida
b. asam klorida
c.kloroform
d. uranium

B. Isilah titik-titik di bawah ini!
1. Bagian yang terang berbentuk bulat terlihat dari lensa okuler disebut
2. Bagian mikroskop yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya ke obyek adalah ….
3. Seorang ilmuwan dalam mengadakan eksperimen harus ….
4. Data yang didapat dengan alat ukur disebut ….
5. Variabel yang dapat diubah-ubah disebut ….
6. Setelah merumuskan hipotesa pengamat mengadakan ….
7. Hasil penelitian setelah selesai perlu dipublikasikan melalui …
8. Zat kimia yang sering disebut garam dapur adalah ….
9. Sifat bahan kimia yang dapat merusak jaringan hidup disebut ….
10. Contoh bahan kimia yang bersifat racun adalah….

C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat!
1. Jelaskan cara membuat preparat irisan!
2. Bagimana mengatur mikroskop pada posisi disimpan?
3. Tulisan 3 aturan laboratorium di sekolahmu!
4. Sebutkan langkah-langkah metode ilmiah!
5. Jelaskan perbedaan alat dan bahan dalam laboratoruim!
6. Apa sebabnya lensa tidak boleh digosok dengan benda kasar
7. Sebutkan 4 contoh sikap ilmiah!
8. Mengapa penggunaan bahan-bahan kimia tertentu harus sesuai
aturan?
9. Bagaimana cara menyimpan bahan kimia yang bersifat mudah terbakar?
10. Pertolongan apa yang kamu lakukan jika terkena asam klorida?


Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 55+ Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!

 kali ini admin portalunbk sudah menyiapkan Contoh Soal PTS IPA Kelas  Kumpulan Soal Latihan | Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru
Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs   File ini dalam Bentuk .doc File Size 29Kb

Baca juga yang sejenis

    Pencarian yang paling banyak dicari
    • soal uts ipa kelas 7 k13
    • soal uts ipa kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 dan kunci jawaban
    • soal uts ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 pdf
    • soal uts ipa kelas 7 semester 1 k13
    • soal uts ipa kelas 7 semester 2 dan kunci jawaban
    • soal ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013
    • soal pts kls 7 semester 1
    • soal ipa kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 bab 1
    •  pdf 2018,2019,2020,2021,2022



    Sumber http://foldersoal.com

    0 Response to "Contoh Soal PTS IPA Kelas 7 SMP/MTs Terbaru"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel